Minggu, 01 Juli 2018

PROGRAM DENGAN MENU UNTUK MENGHITUNG LUAS DAN KELILING

TUGAS BAHASA PEMROGRAMAN
PERHITUNGAN LUAS DAN KELILING PERSEGI PANJANG,
LUAS DAN KELILING BUJU SANGKAR, DAN
LUAS KELILING SEGITIGA


Nama     : Ahmad Huzaeni
Nim       : 17.01.53.2009
Fakultas : Teknologi Informasi

Jurusan  : Teknik Informatika


Menampilkan

1. Daftar menu pilihan perhitungan
2. Menampilkan hasil dari perhitungan luas dan keliling

Definisi Masalah :
Program menggunakan prosedur fungsi.


Model Matematika :

INPUT
1. Pilihan menu jenis bangun ruang
2. masukan Sisi bangun ruang

OUTPUT
Hasil perhitungan
1. Luas.
2. Keliling.



FLOWCHART


1. Function Main Menu



2. Function Persegi Panjang



3. Function Bujur Sangkar


4. Function Segitiga




KODE PEMROGRAMAN

import java.util.Scanner;

public class MatrixLuasKeliling {
private static Scanner sc = new Scanner(System.in);

private static int input_menu;
private static double luas, keliling;

public static void main(String[] args) {
System.out.println("===== Menghitung Luas dan Keliling ====");
System.out.println("1. Persegi");
System.out.println("2. Persegi Panjang");
System.out.println("3. Segitiga Sama Sisi");
System.out.println("4. Segitiga Sama Kaki");
System.out.println("5. Segitiga Siku-siku");

System.out.print("- Masukkan angka = "); input_menu = sc.nextInt();

switch (input_menu) {
case 1:
hitung_persegi();
break;
case 2:
hitung_persegipjg();
break;
case 3:
hitung_segitigasisi();
break;
case 4:
hitung_segitigakaki();
break;
case 5:
hitung_segitigasiku();
break;

default:
System.out.println("Menu tidak ada");
break;
}
}

private static double hitung_tinggisegitiga(double sisi_miring, double sisi_alas)
{
double result = Math.sqrt(Math.pow(sisi_miring, 2) - Math.pow(sisi_alas, 2));
return result;
}

private static void output_hasil(double luas, double keliling)
{
System.out.println("* Luas = "+luas);
System.out.println("* Keliling = "+keliling);
System.out.println("---------------------");
}


private static void hitung_persegi() {
double panjang_sisi;

System.out.println("\n\n---- 1. Persegi ----");
System.out.print("- Panjang sisi = "); panjang_sisi = sc.nextDouble();

luas = Math.pow(panjang_sisi, 2);
keliling = 4 * panjang_sisi;

output_hasil(luas, keliling);

}

private static void hitung_persegipjg() {
double panjang, lebar;

System.out.println("\n\n---- 2. Persegi Panjang ----");
System.out.print("- Panjang = "); panjang = sc.nextDouble();
System.out.print("- Lebar = "); lebar = sc.nextDouble();

luas = panjang * lebar;
keliling = (2 * panjang) + (2 * lebar);

output_hasil(luas, keliling);
}

private static void hitung_segitigasisi() {
double panjang_sisi, tinggi;

System.out.println("\n\n---- 2. Segitiga Sama Sisi ----");
System.out.print("- Panjang Sisi = "); panjang_sisi = sc.nextDouble();

tinggi = hitung_tinggisegitiga(panjang_sisi, 0.5 * panjang_sisi);
luas =  0.5 * panjang_sisi * tinggi;
keliling = 3 * panjang_sisi;

output_hasil(luas, keliling);

}

private static void hitung_segitigakaki() {
double sisi_miring, sisi_alas, tinggi;

System.out.println("\n\n---- 2. Segitiga Sama Kaki ----");
System.out.print("- Panjang Sisi Miring = "); sisi_miring = sc.nextDouble();
System.out.print("- Panjang Sisi Alas = "); sisi_alas = sc.nextDouble();

tinggi = hitung_tinggisegitiga(sisi_miring, 0.5 * sisi_alas);
luas = 0.5 * sisi_alas * tinggi;
keliling = (2 * sisi_miring) + sisi_alas;

output_hasil(luas, keliling);
}

private static void hitung_segitigasiku() {
double sisi_miring, sisi_alas, tinggi;

System.out.println("\n\n---- 2. Segitiga Siku-siku ----");
System.out.print("- Panjang Sisi Miring = "); sisi_miring = sc.nextDouble();
System.out.print("- Panjang Sisi Alas = "); sisi_alas = sc.nextDouble();

tinggi = hitung_tinggisegitiga(sisi_miring, sisi_alas);
luas = 1/2 * sisi_alas * tinggi;
keliling = sisi_miring + sisi_alas + tinggi;

output_hasil(luas, keliling);
}


}


HASIL UJI COBA DENGAN JCREATOR


0 komentar:

Posting Komentar